Senin, 30 Desember 2013

0

Kampanye KCB (Kucing Cinta Buku)


Hola Nyaaan!

Selamat datang di blog baru Neko*. Blog KCB. Eits! KCB ini bukan singkatan dari Ketika Cinta Bertasbih lho ya... tapi merupakan kependekan dari Kucing Cinta Buku


Salah besar kalau kamu mengira blog ini adalah fanblog film ini...Anyway...itu nggak salah casting ya? Hehehe

Sebenarnya Neko sudah punya blog yang lain, A Cat On The Roof. Blog itu berisi tentang keseharian dan pemikiran Neko. Ada resensi bukunya juga sih. Tapi, Neko pingin punya blog tersendiri yang mengulas tentang buku-buku yang sudah Neko baca. Maka jadilah blog ini...taraaaaa!


Selain bercita-cita menjadi penulis buku (terutama penulis buku anak dan fiksi fantasi), impian Neko adalah menjadi editor yang bekerja di dunia penerbitan secara resmi (tidak hanya freelance). Kenapa Neko pingin jadi editor? Ya biar mudah dapat link ke penerbit mayor dong! Ah! Gitu aja nanya wkwkwk...


Tapi...jalan untuk menjadi editor ternyata nggak semudah yang Neko sangka. Setelah browsing-browsing, Neko baru tahu kalau ternyata selain mengedit naskah, seorang editor juga dituntut untuk mampu mempromosikan buku yang dia edit. Nah, karena itu kemampuan meresensi buku adalah mutlak! Hieee... Rasanya yang harus Neko pelajari semakin banyak saja. Nggak cuma itu, kemampuan bahasa Inggris juga akan menjadi nilai plus seorang editor. Karena dia bisa saja diminta untuk mengedit buku-buku terjemahan.


Nah, kalau soal English skill, Neko sih pede aja. Lulusan Sastra Inggris gitu lho! Hehehe... Tapi soal meresensi? Hmm...itu yang Neko belum terbiasa. Neko perlu latihan nih. Latihan membaca berbagai macam buku dari berbagai macam penerbit dan menulis resensinya (sebagai portofolio kalau mau melamar di penerbit-penerbit tersebut hehehe).


Ada beberapa reviewer buku yang Neko idolakan untuk saat ini. Yang pertama adalah Mbak Luz Balthasar (alias Mbak Melissa), lalu yang kedua adalah Oom Firmanto Purawan. Keduanya adalah pengelola blog yang sering Neko kunjungi ini: http://fikfanindo.blogspot.com/. Keunggulannya adalah, kedua orang itu adalah penulis, Oom Firmanto sendiri sudah menerbitkan buku berjudul Garuda 5: Utusan Iblis. Sedangkan Mbak Luz, adalah jawara pemenang lomba-lomba cerpen fiksi fantasi. Karya-karyanya sempat dimuat beberapa kali di STORY Teenlit Magazine. 


Nah, karena itu nggak heran kalau review-review mereka sangat dalam, juga nggak asal 'bantai'. Sebagai penulis mereka tentu tahu bagaimana jengkel atau sedihnya penulis yang karyanya dijelek-jelekkan oleh para reviewer di dunia maya. Sehingga, review mereka mengandung kritik yang sangat membangun bagi penulis buku yang karyanya mereka bedah. Neko senang membaca review mereka karena Neko bisa belajar berbagai macam teknik kepenulisan dari sana.


Nah, dengan berpatokan pada kualitas review mereka, Neko pun berlatih membuat resensi buku dan menuangkannya dalam blog ini. Neko akan berusaha mengulas buku-buku yang ada di sini seobyektif mungkin. Sisi plus dan minusnya akan berusaha Neko jabarkan (sekalian latihan jadi editor kan? Hehehe). 


Selain fikfanindo, Neko juga suka membuka blog-blog review buku seperti di bawah ini:

http://bukubukuganjil.blogspot.com/ Blog ini punya kenalan Neko di facebook. Namanya Ayu Phoebe. Neko kagum sama dia karena kemampuannya menyelesaikan buku-buku tebal dan berkonten "berat". Keren, benar-benar pecinta buku! Neko beberapa kali ngobrol sama dia soal buku di FB. Dia sering merekomendasikan buku-buku atau komik yang bisa Neko jadikan referensi untuk tulisan maupun studi Neko.


http://loresketch.blogspot.com/ Blog ini punya Mbak Luz B. Selain ulasan buku, yang paling Neko dari blog ini adalah tips-tips kepenulisannya yang advance dan unik banget! Ada juga beberapa cerpen beliau yang diposting di sini. Membaca blog ini akan membuat kamu sadar bahwa Mbak Luz bukan sekedar reviewer buku biasa. Beliau memang punya kapasitas sebagai pembedah karya, sekaligus penulis handal.


Ah...dengan terus belajar, semoga Neko bisa menyusul kemampuan orang-orang yang disebutkan di atas. Oh ya, kalau kamu punya blog khusus review buku tukeran link yuk? Juga kalau misalnya mau merekomendasikan blog-blog resensi buku yang bisa Neko jadikan bahan studi, feel free to drop your comments below...


Mari kita sebarkan virus cinta buku ke seluruh dunia! :D


Hihihi...ini kucingku yang paling bungsu "Si Cempluk" (cewek lho). Dia sedang berusaha belajar membaca. Kucing aja suka baca buku. Bagaimana dengan kamu? Hihihihi



catatan: buat yang mungkin nggak tahu, NEKO itu bahasa Jepang dari KUCING!

0 komentar:

Posting Komentar

Salurkan Apresiasimu Di Sini Nyaaaw (^,^)v